Selamat Datang di Website Alhasyimiyyah Islamic Education Institution
Pengumuman Kelulusan

PROGRAM SEKOLAH BERKUALITAS

KEGIATAN 30 Oktober 2018 810

PELAJARAN BERHARGA ITU BERNAMA "POINT PLUS"
PROGRAM SEKOLAH BERKUALITAS

Alhamdulillah dengan ijin Allah Rohman Rohim, Sekolah Islam Alhasyimiyyah Pangkalan Bun sebagai bagian dari anggota Asosiasi Sekolah Islam Riset Internasional (international islamic research school association) berkomitmen untuk melaksanakan pembelajaran berbasis riset. Saat ini Alhasyimiyyah sedang menerapkan program "Point Plus" , hasil riset guru guru sekolah islam Alhasyimiyyah. Program yang mem FOKUS kan melihat KEBAIKAN orang dan mengapresiasi. Program ini diadakan setelah melihat kebaikan kebaikan yang dikerjakan oleh setiap santri (murid) belum banyak mendapatkan perhatian dan belum banyak mendapatkan apresiasi dari sekolah. Sedangkan keburukan keburukan ( pelanggaran pelanggaran) yang dilakukan oleh santri selama dilingkungan sekolah mendapatkan perhatian LEBIH dari sekolah. Pokok bahasannya adalah banyak santri yang sudah berprilaku baik dan taat pada peraturan sekolah, tapi minim penilaian bahkan terkadang belum ada penilaian apalagi penghargaan maupun pujian pujian. Penghargaan sekolah masih sebatas kepada santri yang memenangkan perlombaan, santri yang mendapatkan rangking dikelasnya, yang mendapatkan juara pada kompetisi maupun festival. Padahal jumlah santri yang seperti itu adalah sedikit dibanding dengan jumlah santri yang ada disekolah. Penghargaan seperti itupun bisa didapatkan segelintir santri hanya disaat ada even atau disaat penerimaan raport. Sedang tugas seorang guru (pendidik) adalah mencerdaskan santri secara keseluruhan bukan terwakili ataupun mewakili selama hari hari sekolah.
Program point plus ini juga terinspirasi dari ALHASANAH BI ASYRI AMTSALIHA. Hadits shoheh Muslim no.101 tentang perbuatan baik & buruk. Bahwa siapa yang berbuat satu kebaikan dibalas Allah minimal 10 kali kebaikan sampai 700 kali lipat bahkan hingga kelipatan yang sangat banyak. Sedang siapa yang berbuat satu keburukan baginya balasan satu kejahatan. 
Dan Allah mencintai orang orang yang berbuat kebaikan ( albaqoroh 195 ).
Dari sini kita para guru di Alhasyimiyyah mengambil pelajaran dan menjadikannya program Point Plus. SANTRI YANG BERBUAT KEBAIKAN KEBAIKAN SELAMA DILINGKUNGAN SEKOLAH HARUS LEBIH DIPERHATIKAN DAN DIAPRESIASI. Sedang santri yang berbuat keburukan keburukan (pelanggaran) selama dilingkungan sekolah cukup dinasehati. 
BENTUK APRESIASI PROGRAM POINT PLUS diantaranya adalah:
1. Pujian langsung secara lisan kepada pelaku kebaikan baik individu maupun kelompok.
2. Memperdengarkan kebaikan pelaku dikelasnya.
3. Memperlihatkan kebaikan pelaku dikelas yang lain.
4. Memperdengarkan dan memperlihatkan pelaku kebaikan dihadapan warga sekolah atau dihadapan banyak orang.
5. Memberi hadiah berupa makanan, snack atupun buku buku dan peralatan sekolah.
6. Memberikan piagam penghargaan berupa sertifikat point plus bagi santri yang sudah mencapai target point yang sudah ditentukan.
7. Memberikan surat pujian tertulis kepada orangtua santri pelaku kebaikan sewaktu - waktu.
8. Menghadirkan orangtua santri pelaku kebaikan ke sekolah untuk sinergisitas pembelajaran.
9. Memberikan PIN/ ID Card kebaikan bagi yang sudah mencapai target yang sudah ditentukan dengan jenjang klasifikasi.
10. Mengajak jalan jalan yang didampingi langsung oleh kepala sekolah/ direktur LPI/direktris/ team work/ pimpinan pondok.

TUJUAN PROGRAM POINT PLUS adalah semua warga sekolah bisa fokus melihat kebaikan orang lain dan mengapreasinya dan melihat kebaikan orang lain adalah menjadi budaya semua warga sekolah. Sehingga terbentuklah lingkungan sekolah yang berkualitas disebabkan semua warga sekolah berlomba lomba dalam berbuat kebaikan, lebih menyukai kebaikan, lebih memperhatikan kebaikan, lebih menghargai kebaikan, lebih mendukung kebaikan yang insyaallah berdampak pada perubahan pola pikir warga sekolah menjadi orang orang yang baik, sholeh dan berkualitas. Bahwa melihat kebaikan orang lain adalah prioritas. Mudah mengapresiasi kebaikan adalah prioritas. Memiliki positif thinking adalah prioritas. Memiliki positif feeling adalah prioritas. Bekal untuk menjadi KHOIRUNNAS ANFAUHUM LINNAS. sebaik baiknya manusia adalah yang lebih banyak bermanfaat bagi sesama.

CARA MENERAPKAN PROGRAM POINT PLUS
Program ini bisa diterapkan dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Namun untuk sementara kami guru guru sekolah islam Alhasyimiyyah baru menerapkan program ini dilingkungan sekolah. Langkahnya tidak sulit dan ribet. Karena kebaikan sudah mudah diketahui oleh guru guru dan santri maupun warga sekolah yang lainnya. Kepala sekolah bersama dewan guru  membuat beberapa klasifikasi kebaikan, untuk memudahkan memberikan apresiasi secara tertulis ( terdata) terhadap pelaku kebaikan yang sudah melaksanakan kebaikan sesuai yang sudah ditentukan oleh sekolah. Pembuatan klasifikasi kebaikan hendaknya ditujukan untuk menghidupkan proses pembelajaran atau solusi atas sesuatu hal yang diinginkan sekolah dalam waktu dekat bisa tercapai. Klasifikasi ini adalah bersifat dinamis,  bisa ditambah, dikembangkan sesuai sesuai dengan satuan pendidikan atau jenjang pendidikan dengan menyesuaiakan keadaan sekolah. Sedang setiap guru disamping memiliki tugas dan tanggung jawab melaksanakan program point plus sesuai klasifikasi yang sudah ditentukan oleh sekolah, dia juga diberi kebebasan untuk membuat klasifikasi sendiri diluar yang sudah ditentukan oleh sekolah. Mengapa harus ada klasifikasi? Klasifikasi kebaikan dibuat supaya terarah, terukur, tercatat dan terevaluasi.
Setelah itu langkah selanjutnya adalah sosialisasi dan presentasi program dihadapan semua dewan guru untuk memantapkan pelaksanaannya. Agar tidak terjadi kesalahpahaman. Pembuatan logo program, desain sertifikat program dan aturan yang lebih detail lainnya sudah disiapkan. Setelah itu sosialisasi dan presentasi program dihadapan semua santri agar bisa memahami dan melaksanakan dengan maksimal. Memasang logo program ditempat tempat strategis guna mengingatkan kembali pentingnya berbuat kebaikan dan fokus melihat kebaikan. Setelah itu menentukan kapan diberlakukannya program point plus ini. Bisa diawal tahun pelajaran tentu lebih baik atau bisa sewaktu waktu apabila sekolah menginginkan program ini untuk dijalankan. Kapan berakhirnya program? Program ini tidak ada akhirnya karena berbuat kebaikan dan melihat kebaikan orang lain serta mengapresiasi tidak ada ujung kesudahannya. Begitu program diberlakukan, semua guru langsung beraksi " fokus melihat kebaikan kebaikan santri dilingkungan sekolah sesuai dengan klasifikasi kebaikan yang sudah ditentukan sekolah, baik individu maupun kelompok atau berjamaah. Kebaikan kebaikan yang diperbuat oleh santri dilingkungan sekolah selama di jam sekolah tidak dicari cari oleh guru. Hanya dimana ada guru melihat ada santrinya berbuat kebaikan, disitu pula guru itu memberi apresiasi. Apresiasi yang utama adalah memuji santri pelaku kebaikan.( ingat bentuk bentuk apresiasi). Ini adalah gambaran singkat mengenai pelaksanaan program point plus disekolah islam Alhasyimiyyah. Tentang kendala kendala yang ada selama menerapkan program ini tentu ada, program ini juga memerlukan evaluasi evaluasi secara bertahap agar kedepannya bisa berjalan lebih baik dan lebih berkualitas. DARI SEJAK DILAKSANAKAN PROGRAM INI GURU GURUNYA LEBIH SEMANGAT DAN KREATIF, MERASA RINGAN DAN MUDAH MENJADI GURU DAN TERBUKA UNTUK AUTO DOKTRIN. SEDANG SANTRI SANTRINYA LEBIH BERKARAKTER ( BERAHLAQ  KARIMAH) , MUDAH DIDESAIN UNTUK DIBEKALI MENJADI PEMIMPIN PEMIMPIN SHOLEH MASA DEPAN, MENJADI OWNER OWNER SKALA DUNIA. AMIN. INILAH SALAH SATU AKSI ALHASYIMIYYAH DALAM MENCAPAI VISI DAN MISINYA. TARGET TARGETNYA UNTUK MEWUJUDKAN SUATU TUJUAN. SEKOLAH ADALAH BAGIAN DARI IBADAH DAN BERPRESTASI ITU INDAH. SANTRI YANG SEKOLAH DI SEKOLAH ISLAM ALHASYIMIYYAH BUKAN UNTUK MENJADI BURUH OLEH KAPITALIS. MEREKALAH YANG AKAN MENUNDUKKAN PARA KAPITALIS BI IDNILLAH.

Arahan dari Bpk. Pimpinan di kajian rutin hari sabtu sekaligus Musyawarah pembentukan market ALHASMART yang Insyallah di wujudkan di bulan Mei 2019

Pangkalan Bun, 14 Shafar 1440 H

By. Sekretaris Pimpinan