Selamat Datang di Website Alhasyimiyyah Islamic Education Institution
Pengumuman Kelulusan

BERSAMA, KITA SUKSESKAN PEMBELAJARAN PIDATO DI ALHAS.

KEGIATAN 01 Maret 2022 145

Pidato itu apa sih? Ngomong di hadapan orang banyak? Bisa jadi. Berbicara dalam kondisi dan suasana  resmi dihadapan orang banyak? Bisa jadi. Apakah semua orang bisa berpidato? Mestinya bisa. Karena bisa berbicara. Faktanya ! Meski seseorang bisa berbicara namun belum tentu bisa berpidato. Alhamdulillah di alhas, sapaan akrab sekolah islam alhasyimiyyah Pangkalan Bun mewajibkan santri santrinya berpidato, baik santri SD, SMP dan juga SMA. 
Sebegitu pentingkah? Ya. Sangat penting bagi santri. Ada banyak pelajaran berharga dari kegiatan berpidato di alhas ini. Bukan ilmu teori saja tapi Ilmu praktek langsung, langsung praktekkan ilmu.

Diantara pelajaran berharga itu adalah:
1. Membangkitkan mental pemberani.
Latihan tampil berbicara di depan kelas, dihadapan sesama santri dan dibimbing oleh guru, dilaksanakan terjadwal, insya Allah bisa membangkitkan mental pemberani bagi santri. Semua santri diwajibkan tampil berpidato. Pendidikan mental santri terasah dalam  pembelajaran ini. 

2. Menumbuhkan kepercayaan diri.
Santri bukan hanya berani tampil tapi juga berani bicara. Pendidikan Karakter percaya diri terasah dalam pembelajaran ini. 

3. Memudahkan berinteraksi dan bersosialisasi .
Semakin baik santri dalam berpidato, terlihat dari baik tutur sapanya, baik sikapnya, baik bicaranya, baik dialognya, baik sopan santunnya, adalah bekal yang baik dalam memudahkan berteman dengan siapa saja dan dimanapun juga. 
Pendidikan karakter mudah bergaul dengan sesama terasah dalam pembelajaran ini. laqod kana lakum fi rosulillahi uswatun hasanah.( Q.S. al ahzab: 21)

4. Meningkatkan daya baca dan daya tulis.
Dengan adanya kegiatan latihan berpidato terjadwal ini, ( baca : saat ini dilaksanakan setiap hari di alhas) secara otomatis daya baca dan daya tulis akan  meningkat. Santri santri akan mempraktekkan pidato berkali-kali . Sebelum tampil untuk berpidato tentu akan mempersiapkan materi pidato. Dan materi pidato itu didapat dari hasil membaca ataupun menulis. Iqro' bismirobbikalladzi kholaq. (Q.S.al alaq: 1)

5. Melatih berbicara yang lancar,  terarah dan mudah dipahami.
Santri yang diajari praktek berpidato didalam pembelajaran, hasilnya insyaallah berbicaranya lebih baik dan lebih berkualitas.
Pendidikan karakter berbicara yang baik terasah dalam pembelajaran ini. Robbisyrohli sodri wayassirli amri wahlul uqdatan min lisani yafqohu qouli ( Q.S. toha : 25 - 28). Ya ayyuhalladzina amanuttaqullaha waqulu qoulan sadida. Yuslih lakum a'malakum wayagfirlakum dzunubakum ( Q.S. al ahzab: 70, 71).
Wa qulu linnasi husna ( Q.S.albaqoroh: 83).

Dan masih banyak pelajaran berharga yang lainnya dari praktek pidato oleh santri yang dilaksanakan di alhas ini.

Remember:
Bisa bicara belum tentu bisa berpidato.
Bisa nulis belum tentu bisa berpidato.
Bisa baca belum tentu bisa berpidato.

Bisa berpidato adalah buah dari baca, nulis dan bicara.

By.elumda.